Peran mahasiswa dalam pemilu 2024 : Agenda Perubahan dan Pilar Demokrasi

Penulis : Willa Muttiari

portalbersama.com – Pamulang, 1 Desember 2023 – Mahasiswa dari Fakultas Hukum Universitas Pamulang membuktikan peran sentral mereka sebagai pilar demokrasi dan agen perubahan dalam menyongsong Pemilihan Umum 2024. Kesadaran akan peran krusialnya dalam menjaga integritas sistem demokrasi menjadi katalisator untuk berbagai inisiatif positif.

Tanggung jawab mahasiswa tidak hanya sebatas dalam meningkatkan pemahaman politik di kalangan rekan-rekan sejawat. Melalui diskusi, seminar, dan kampanye pendidikan politik, mereka berkomitmen untuk memastikan bahwa pemilih muda memiliki informasi yang cukup untuk membuat keputusan yang cerdas saat menggunakan hak suara di tempat pemungutan suara.

Ilustrasi Pemanfaatan Teknologi dalam kampanye online
Foto : freepick.com

Memanfaatkan perkembangan teknologi, mahasiswa juga menjadi kreatif dalam merangkul peran mereka melalui media sosial. Kampanye online yang mereka jalankan tidak hanya mencakup informasi terkait calon, proses pemilihan, tetapi juga menggarisbawahi urgensi partisipasi aktif dalam menjaga demokrasi. Melalui hashtag khusus dan kampanye viral, mereka mengampanyekan pesan demokrasi kepada audiensi yang lebih luas.

Namun, peran mahasiswa tidak berhenti sebagai penyedia informasi atau pendidikan politik semata. Sejumlah mahasiswa terlibat aktif sebagai pengawas pemilu dan relawan dalam organisasi pemantau pemilu. Mereka berkomitmen untuk memastikan bahwa seluruh proses pemilihan berlangsung dengan adil, transparan, dan bebas dari pelanggaran hukum.

Ilustrasi Mahasiswa Memberikan Pendidikan Hukum Khusus Terkait Pemilu
Foto : freepick.com

Mahasiswa jurusan hukum juga memberikan kontribusi penting dengan menyediakan pendidikan hukum khusus terkait pemilihan umum. Workshop dan seminar hukum pemilu yang mereka adakan bertujuan memberikan pemahaman mendalam kepada masyarakat tentang aturan dan regulasi yang berlaku.

Willa Muttiari, mahasiswa aktif dari Fakultas Hukum Universitas Pamulang, menyampaikan keyakinannya, “Mahasiswa bukan hanya penonton, melainkan motor penggerak perubahan untuk masa depan demokrasi yang lebih baik.”

Dengan peran aktif mahasiswa dalam pemilu 2024, diharapkan demokrasi dapat tumbuh lebih kuat, dan masyarakat dapat merasakan dampak positif dari partisipasi yang cerdas dan bertanggung jawab. Langkah ini menjadi tonggak awal menuju masa depan demokrasi yang lebih baik dan berkelanjutan.